PENGARUH LATIHAN (PART METHOD) TERHADAP KEMAMPUAN KETEPATAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA SEPAK BOLA SISWA SMA NEGERI 5 LANGSA

ANDRE DARMAWAN (2020), PENGARUH LATIHAN (PART METHOD) TERHADAP KEMAMPUAN KETEPATAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA SEPAK BOLA SISWA SMA NEGERI 5 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ketepatan passing adalah hal yang vital atau sangat penting dalam olahraga sepak bola. Sangat banyak metode latihan atau cara yang digunakan untuk meningkatkan kualitas passing pada pemain sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh latihan (Part Method) terhadap kemampuan ketepatan passing kaki bagian dalam pada sepak bola siswa SMA Negeri 5 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Langsa. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampeldalam penelitian ini sebanyak 20 pemain. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes serta untuk pengujian analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 4,37 dan ttabel = 2,77 dengan taraf signifikan α = 0,05, sehingga dapat diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 4,37 ≥ 2,77 dan dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan (Part Method) terhadap kemampuan ketepatan passing kaki bagian dalam pada sepak bola siswa SMA Negeri 5 Langsa.

Kata kunci : Part Method, Kemampuan Ketepatan Passing Kaki Bagian Dalam

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ANDRE DARMAWAN
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Olah Raga (2020)
Tanggal disimpan : 17-12-2020 15:50
Terakhir diubah : 25-02-2021 04:19
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=806
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!