EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DENGAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Khairunnisak (2020), EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DENGAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Rata-rata kemampuan siswa dalam bidang studi Pendidikan jasmani cukup rendah khususnya pada siswi. Sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 72. Metode Tutor Sebaya (PeerTutoring), dengan adanya metode ini siswa yang kurang aktif menjadi aktif karena siswa ini tidak malu lagi untuk bertanya dan mengeluarkan pendapats ecara bebas, jadi murid dan tutor dapat menyampaikan apa yang ingin disampaikan karena hubungan guru dengan siswa semakin dekat. Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring), memiliki kelebihan seperti hasilnya lebih baik bagi beberapa siswa yang mempunyai perasan takut atau enggan kepada gurunya, pekerjaan tutoring dapat memperkuat konsep yang akan di bahas nantinya. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenegetahui apakah metode tutor sebaya (Peer Tutoring) dalam pembelajaran pendidikan jasmani efektif dapat meningkakan hasil belajar passing bola voli siswa kelas VII di SMPN 6 Langsa Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya (Peer Tutoring) passing bola voli siswa kelas VII di SMPN 6 LangsaTahun Pelajaran 2019/2020. Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalaheksperimendenganmelakukanpretesdan posttest passing bola voli. Hasilpenelitianmetode tutor sebaya (Peer Tutoring) dalam pembelajaran pendidikan jasmani efektif dapat meningkakan hasil belajar passing bola voli siswa kelas VII di SMPN 6 Langsa Tahun Pelajaran 2019/2020 hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung> t tabel yaitu 34,8 > 1,717 pada taraf signifikansi =0,05. Besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya (Peer Tutoring) passing bola voli siswa kelas VII di SMPN 6 LangsaTahun Pelajaran 2019/2020adalah 35,01%. DisarankanSesuai dengan hasil penelitian, makametode tutor sebaya (Peer tutoring) dapat digunakan sebagai latihan untuk meningkatkan untuk meningkatkan Hasil Belajar Passing Bola Voli Siswa


 

Kata kunci : Efetivitas, Tutor Sebaya, Passing Bola Voli

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Khairunnisak
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Olah Raga (2020)
Tanggal disimpan : 10-12-2020 16:48
Terakhir diubah : 25-02-2021 04:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=799
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!