MENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V.A SDN 3 KOTA LANGSA

Karina Nelisa Putri (2021), MENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V.A SDN 3 KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

 


Pembelajaran aktif dikelas dapat dikategorikan diantaranya keaktifan peserta didik dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari gurunya selama proses pembelajaran berlangsung. Tapi masih banyak ditemuin siswa yang belum berani untuk bertanya pada saat proses pemebelajaran berlangsung dikelas atau keterampilan bertanyanya masih kurang.Penelitian dilaksanakan bertujuan untuk mengetahuin meningkatnya keterampilan bertanya siswa dikalas V.A Sd Negeri 3 Kota Langsa dan kendala apa saja yang dihadapi guru dalam pelaksanaan proses ngajar mengajar dikelas. Strategi yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran The Learning Cell. Peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan maksud untuk meningkatkan ktrampilan bertanya siswa kelas V.A Sd Negeri 3 Kota Langsa. Pengumpulan data pada peneliti ini diperoleh melalui observasi untuk melihat peningkatan keterampilan Bertanya siswa dan dokumentasi untuk membuktikan hasil penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengamati keterampilan bertanya siswa dan lembar pengamatan keterampilan bertanya siswa. Hasil penelitian keterampilan bertanya siswa pada siklus 1 yaitu hanya 29,5% yang berani memberikan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari keseluruhan 26 siswa, siklus ke II meningkat menjadi 66,2%, sedangkan pada siklus III meningkat lagi menjadi 89,3% dari keseluruhan 26 siswa. Peneliti menyarankan kepada pihak sekolah agar mengarahkan kepada setiap guru agar menggunakan strategi atau model pembelajaran yang berpariasi supa peserta didik saat proses pembelajaran tidak mudah bosan, salah satu strategi yg digunakan adalah strategi pembelajaran The Learning Cell.bagi guru disarankan untuk tetap menggunkan strategi pembelajaran The Learning Cell ini ,karena dengan stratgegi ini dapat melatih peserta didik untuk berani memberikan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan dari temannya sesuai materi yang diajarkan di kelas.  

Kata kunci : Keterampilan Bertanya Siswa, Strategi The Learning Cell

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Karina Nelisa Putri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 30-11-2020 10:12
Terakhir diubah : 30-03-2021 14:23
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=761
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!