POTENSI TANAMAN BAMBU AIR (EQUISETIUM HYMALE) SEBAGAI FITOREMIDIASI TERHADAP PENCEMARAN LOGAM BERAT PADA LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT

Fajriah Mubarak (2021), POTENSI TANAMAN BAMBU AIR (EQUISETIUM HYMALE) SEBAGAI FITOREMIDIASI TERHADAP PENCEMARAN LOGAM BERAT PADA LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tanaman bambu air (Equisetium hymale) merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki kandungan silikat yang tinggi memiliki fungsi mengikat partikel logam berat. Tanaman ini bagus dijadikan sebagai tanaman fitoremidiasi terhadap pencemaran logam dilingkungan karena memiliki daya akumulasi logam yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan tanaman untuk fitoremidiasi dan mengetahui limbah cair kelapa sawit yang paling tinggi terakumulasi logam Pb pada tanaman bambu air (Equisetium hymale). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri atas 3 perlakuan yaitu P0 = kontrol tanpa limbah kelapa sawit, P1 = 1000 ml limbah cair kelapa sawit pembuangan pertama, P2 = 1000 ml limbah cair kelapa sawit pembuangan terakhir. Hasil uji logam Pb pada tanaman diperoleh melalui metode preparasi ekstrak 0,5 gram tanaman bambu air (Equisetium hymale), pengujian dilakukan dengan menggunakan Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS). Hasil uji logam menunjukan bahwa tanaman (Equisetium hymale) mampu mengakumulasi logam yang tinggi karena tanaman tersebut mengakumulasi logam sebesar 0,14 mg/kg. hasil perlakuan menunjukan bahwa tanaman mengalami perubahan morfologi batang dari warna hijau menjadi hijau kekuningan yang disebabkan adanya aktifitas kimiawi antara tanaman dengan air limbah yang mengandung senyawa Pb. Dapat disimpulkan bahwa tanaman Equisetium hymale memiliki kemampuan akumulasi logam yang tinggi yaitu sebesar 0,14 hal ini karena pada tanaman biasanya memiliki kandungan Pb sebesar 1,0 µg/g dan maksimal sebesar 3,5 µg/g.

Kata kunci : Bambu Air (Equisetium hymale), Fitoremidiasi, Logam berat, Limbah cair kelapa sawit

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fajriah Mubarak
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 26-11-2020 15:40
Terakhir diubah : 26-02-2021 10:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=754
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!