PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERISTRUKTURDAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHANKELAS VIII DI SMP N 6 LANGSA TAHUNPELAJARAN 2019/2020

Kartini (2021), PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERISTRUKTURDAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHANKELAS VIII DI SMP N 6 LANGSA TAHUNPELAJARAN 2019/2020 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan prilaku seseorang atau kelompok yang dalam usaha mendewasakan diri melalaui upayah pengajaran dan pendidikan, ketika berbicara tentang pendidikan orang akan cenderung memikirkan tentang sekolah atau pengguruan tinggi, padahal pengertian pendidikan tidak hanya berkaitan dengan sekolah saja, akan tetapi juga menyangkut akan hasil nilai belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan model manakah yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa dengan mengunakan model Student Team Achievement Division (STAD) dan Numbered Head together (NHT) pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII di SMP N 6 Kota Langsa Tahun pelajaran 2019 / 2020. Yang berlokasih di jln. Perumnas Bireun Puntong Desa Paya Bujok Kecamatan Langsa Baroe Kabupaten Kota Langsa pada tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa eksperimen. Dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas VIII di SMP N 6 Kota Langsa yang terdiri dari 3 kelas, yang berjumlah 63 siswa dan sampel yang diambil  bertujuan karena jumlah hetorogen, maka terdapat kelas VIII2 dan VIII3 sebagai sampel. Kelas VIII2 menggunakan model  student Team Acievement Division dan kelas VIII3 menggunakan model Numbered Head together. Intrumen dalam penelitian ini berupa tes tulis dengan pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbandingan model pembelajaran Student Team Achievement Divisio (STAD) dengan Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP 6 Kota Langsa Tahun pelajaran 2019 / 2020, dibuktikan dengan adanya kriteria pengujian  dengan nilai -2,008 – 0,025≤ 5,97 ≤ 2,008 - 0,025 sama dengan -2,033 ≤ 5,79 ≤ 1,983. Dengan selisih perbandingan hasil belajar sebesar 2,46 pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII di SMP N 6 Kota Langsa Tahun pelajaran 2019 / 2020. Kesimpulan penelitian ini adalah Bahwa ada perbandingan model pembelajaran Student Team Achievement Divisio (STAD) dengan Numbered Head Together (NHT) pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII dengan Selisih perbandingan nilai 2,46 antara  64,38  ke 66,84 dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisio (STAD) dengan Numbered Head Together (NHT)


 

Kata kunci : STAD, NHT, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuan dan Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Kartini
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 26-11-2020 10:31
Terakhir diubah : 26-02-2021 10:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=747
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!