PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANG ANYAR TEMA 7 “PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN” TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Dika Ayunda Putri (2020), PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANG ANYAR TEMA 7 “PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN” TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ulangan harian
siswa. Terlihat proses pembelajaran berlangsung masih pasif. Kurangnya interaksi
siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran yang mengakibatkan siswa
akan cepat bosan dan belajar siswa terhambat. Ketika siswa merasa
bosan dan jenuh kemampuan siswa dalam menangkap isi materi yang
disampaikan oleh guru tidak akan maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan hasil
belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card
Match di Kelas V SD Negeri 2 Karang Anyar. Hasil belajar yang
mencakup 3 aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas mengacu
pada model Kemmis Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD
Negeri 2 Karang Anyar mungkin 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak
3 siklus dengan instrumen yang digunakan yaitu RPP, Lembar observasi
pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi, lembar observasi afektif
dan psikomotor siswa. Analisis data hasil penelitian dengan statistik deskriptif
yaitu analisis data sederhana yang melalui tahapan
data, reduksi data, pemaparan data, analisis data dan interpretasi data.
Hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dengan perolehan nilai dari
siklus I, II, dan III. Pada kognitif siswa di siklus I
mencapai ketuntasan belajar mencapai 69,23% dengan rata-rata 70,54 ini belum menunjukkan hasil yang siap
. Di siklus II peningkatan peningkatan yaitu ketuntasannya mencapai
76,92% dengan rata-rata 77,92 dan telah mencapai indikator indikator.
Selanjutnya di siklus II kembali meningkat menjadi 85,19% dengan rata-rata 81,1.
Hasil afektif siswa di siklus I sudah mencapai indikator bahwa
sebesar 92,31%. Kemudian di siklus II meningkat menjadi 100% begitu pula dengan
siklus III masih sama 100% hal ini ditunjukkan dengan siswa yang
interpretasi sangat baik dan baik. Hasil psikomotor siswa di siklus I
ketuntasannya mencapai 84,62% ​​dengan rata-rata 70,65. Di siklus II
mencapai peningkatan 85,19% dengan rata-rata 76,11. Selanjutnya di siklus III
kembali meningkat menjadi 92,59% dengan rata-rata 82,37 ini menunjukkan
psikomotor siswa telah mencapai indikator indikator.
Dari pemaparan diatas maka diperlukan bahwa strategi pembelajaran aktif
tipe Index Card Match menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan hasil belajar
siswa dan mengembangkan keterampilan guru dalam menciptakan pembelajaran
aktif yang menyenangkan bagi siswa.

Kata kunci : Strategi pembelajaran aktif, hasil belajar, Index Card Match

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dika Ayunda Putri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2020)
Tanggal disimpan : 21-11-2020 18:46
Terakhir diubah : 26-02-2021 10:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=740
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!