PEMBUATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DARI HASIL RISET PEMANFAATAN EKSTRAK BUNGA SOKA MERAH SEBAGAI GREEN INHIBITOR CORROSION

Rifvia Adelina (2020), PEMBUATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DARI HASIL RISET PEMANFAATAN EKSTRAK BUNGA SOKA MERAH SEBAGAI GREEN INHIBITOR CORROSION . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membuat lembar kerja peserta didik (LKPD) dari hasil riset pemanfaatan ekstrak bunga soka merah sebagai green inhibitor corrosion. Metode penelitian ini meliputi penelitian kimia tentang bunga soka merah yang memiliki potensi sebagai inhibitor korosi alami dan tahap pembuatan bahan ajar LKPD, serta validasi bahan ajar melalui angket penilaian validator oleh dosen ahli di Universitas Samudra. Berdasarkan hasil penelitian ekstrak bunga soka merah memiliki potensi sebagai inhibitor korosi alami (green inhibitor corrosion) dilihat dari menurunnya laju korosi dan meningkatnya efisiensi inhibisi setelah penambahan ekstrak bunga soka merah dengan konsentrasi yang sesuai. Konsentrasi yang paling efektif dalam menurunkan laju korosi dan efisiensi inhbisi adalah 2,5% dengan laju korosi sebesar 0,10 mm/yy dan efisiensi korosi sebesar 93%. Pada tahap validasi LKPD melalui angket penilaian validator didapatkan nilai rata-rata untuk LKPD sebelum revisi untuk materi sebesar 76,67 % dan untuk media sebesar 79,58 % dengan kategori layak digunakan dengan revisi setelah revisi oleh validator diperoleh nilai rata-rata untuk materi sebesar 83,92 % dan media sebesar 89,33 %. Selanjutnya tingkat kemenarikan LKPD yang dinilai berdasarkan angket respon pendidik didapatkan nilai sebesar 88,89% dengan kategori sangat menarik. Maka, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis hasil penelitian termasuk ke dalam kategori sangat layak dan sangat menarik untuk digunakan tanpa revisi.

Kata kunci : Bunga Soka Merah, Green Inhibitor Corrosion, LKPD

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rifvia Adelina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2020)
Tanggal disimpan : 19-11-2020 08:20
Terakhir diubah : 25-02-2021 22:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=735
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!