PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRYTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PEUREULAK

ULFA YANI (2020), PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRYTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PEUREULAK. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya metode dalam pembelajaran pada saat ini. Sehingga dalam proses pembelajaran keaktifan dan partisipasi siswa masih rendah. Pembelajaran pada saat ini masih menempatkan guru sebagai sumber utama dalam proses pembelajaran, dibuktikan dengan guru yang menggunakan metode ceramah, pemberian tugas dan kerja kelompok.Hal ini membuat proses pembelajaran belum berjalan secara efektif sehingga perlu diterapkan suatu metode yang dapat mewujudkan kegiatan pembelajaran yang berfokus pada keaktifan siswa dalam belajar dan pemahaman terhadap materi agar dapat meningkatkan hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peureulak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu data hasil tes siswa atau dengan kata lain akan mengukur kemampuan koognitif siswa. Adapun data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dari TU SMA Negeri 1 Peureulak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Peureulak. Dengan hasil nilai rata-rata posttest pada kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol memperoleh nilai 56,7 dan nilai rata-rata posttest kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen sebesar 75,5.Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru hendaknya selalu berusaha menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi, yang akan dipelajari sehingga menciptakan pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa.Guru dapat menggunakan metode pembelajaran inquiry agar kelas lebih hidup dengan memposisikan siswa sebagai ilmuan yang dapat menemukan suatu penelitian

Kata kunci : Pengaruh, Metode Pembelajaran, Metode Inquiry, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ULFA YANI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2020)
Tanggal disimpan : 11-11-2020 15:19
Terakhir diubah : 25-02-2021 21:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=717
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!