PENAMBAHAN TEPUNG SUMBER β-KAROTEN ALAMI DALAM PAKAN TERHADAP PENINGKATAN KECERAHAN WARNA DAN PERTUMBUHAN IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO)

Mustika purba (2020), PENAMBAHAN TEPUNG SUMBER β-KAROTEN ALAMI DALAM PAKAN TERHADAP PENINGKATAN KECERAHAN WARNA DAN PERTUMBUHAN IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan koi (Cyprinus carpio) merupakan ikan hias ekonomis tinggi dimana masih termasuk dalam kerabat ikan mas. Ikan koi memiliki warna tubuh yang berwarna-warni dengan berbagai jenis dan pola. Warna pada ikan hias merupakan salah satu daya tarik para pecinta ikan koi. Timbulnya warna ikan disebabkan pigmen warna dalam tubuh serta sumber betakaroten pada pakan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kecerahan warna ikan koi, dilakukan penambahan bahan warna dari sumber alami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penambahan tepung yang mengandung betakaroten alami yang berbeda terhadap kecerahan warna dan pertumbuhan ikan koi.


Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dengan 3 ulangan. Perlakuan penelitian ini yaitu kontrol atau tanpa penambahan tepung sumber betakaroten  (P1), penambahan tepung kulit buah manggis (P2), penambahan tepung kulit buah naga (P3), dan penambahan tepung cangkang kepiting (P4). Parameter penelitian yang diamati meliputi Peningkatan Warna, LPBH (Laju Pertumbuhan Bobot Harian), Pertumbuhan Bobot Mutlak, Pertumbuhan Panjang Mutlak, EP (Efesiensi Pakan),  Tingkat Kelangsungan Hidup dan kualitas air.


Hasil penelitian diperoleh bahwa Peningkatan Warna berkisar antara : 9,97 – 12,85,  LPBH : 1,71% – 2,23%, Bobot mutlak : 4,07g – 6,17g, Panjang Mutlak : 1,55 cm – 2,68 cm, EP : 51,35% - 61,42%, SR : 86,67% - 100%. Hasil pengamatan kualitas air menunjukkan suhu (28,91 0C - 29,03 0C), DO (7,79 mg/L - 8,33 mg/L) dan pH (6,97- 7,09). Hasil analisis sidik ragam yang dilakukan bahwa penambahan tepung sumber β-Karoten alami dalam pakan memiliki pengaruh yang nyata terhadap peningkatan warna, bobot mutlak dan panjang mutlak ikan koi (Cyprinus carpio). Penambahan tepung cangkang kepiting (P4) merupakan hasil paling baik terhadap peningkatan warna ikan koi (Cyprinus carpio) dibandingkan dari penambahan tepung kulit buah naga dan tepung buah manggis.

Kata kunci : Kata Kunci : Betakaroten, Kecerahan, Koi, Warna ikan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mustika purba
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2020)
Tanggal disimpan : 05-11-2020 09:28
Terakhir diubah : 26-02-2021 09:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=705
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!