PENERAPAN MEDIA KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MAKANAN DAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN KELAS XISMA NEGERI 2 KEJURUAN MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Tiara mustika (2020), PENERAPAN MEDIA KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MAKANAN DAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN KELAS XISMA NEGERI 2 KEJURUAN MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 2 Karang Baru dibulan November 2017 diketahui bahwasanya penggunaan media pembelajaran masih tergolong sedikit sehingga sistem belajar cenderung berpusat pada guru. Selain itu murid yang pintar menjadi mendominasi pembelajaran secara aktif, sedangkan murid yang kurang pintar umumnya akan pasif dalam belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan adalah media KOKAMI. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui Penerapan Media Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Makanan dan Sistem Pencernaan Makanan Kelas XI SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengetahui Besar peningkatan hasil belajar siswa Pada Materi Makanan dan Sistem Pencernaan Makanan Kelas XI SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Tahun Pelajaran 2018/2019. setelah diterapkan media kotak dan kartu misterius (KOKAMI). Metode penelitian berupa metode eksperimen, sedangkan sampel 1 kelompok yaitu kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen menggunakan media KOKAMI untuk menghitung peningkatan hasil belajar. Dari hasil penelitian yang telah didapatkan maka penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut: Ada peningkatan Penerapan Media Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Makanan dan Sistem Pencernaan Makanan Kelas XI SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Tahun Pelajaran 2018/2019 hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel. Besarnya peningkatan Penerapan Media Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Makanan dan Sistem Pencernaan Makanan Kelas XI SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu sebesar 4,62. Disarankan kepada para peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar menggunakan berbagai macam model pembelajaran agar dapat memacu siswa agar belajar lebih giat lagi. Disarankan kepada guru agar sering menggunakan berbagai macam media agar menarik perhatian siswa untuk belajar.

Kata kunci : Media, Kotak dan kartu misterius (KOKAMI), Hasil belajar, Peningkatan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tiara mustika
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2020)
Tanggal disimpan : 26-10-2020 11:14
Terakhir diubah : 26-02-2021 09:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=700
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!