ANALISIS KEBERADAAN KELAPA SAWIT PT. SOCFINDO TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA SUNGAI LIPUT KECAMATAN KEJURUAN MUDA KABUPATEN ACEH TAMIANG

Rahmadani syahfitri (2020), ANALISIS KEBERADAAN KELAPA SAWIT PT. SOCFINDO TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA SUNGAI LIPUT KECAMATAN KEJURUAN MUDA KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

ANALISIS KEBERADAAN PABRIK KELAPA SAWIT PT.SOCFINDO TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SUNGAI LIPUT KECAMATAN KEJURUAN MUDA KABUPATEN ACEH TAMIANG


 


Rahmadani Syahfitri


150405007


 


Abstrak


 


Sektor industri pada lingkungan masyarakat dapat menjadi penggerak perekonomian masyarakat setempat. Hal ini sesuai dengan Undang- Undang Dasar No. 5 Tahun 1984 pasal 3 yang menyatakan bahwa salah satu tujuan pembangunan industri adalah untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat secara adil dan merata dengan memanfaatkan sumber daya alam dan hasil budidaya serta memperhatikan keseimbangan dan kelestarian hidup, namun keberadaan sektor industri tidak selamanya memberikan dampak positif bagi masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi sosial ekonomi masyarakat di Desa Sungai Liput dengan adanya Pabrik Kelapa Sawit PT. Socfindo Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial ekonomi masyarakat dengan adanya Pabrik Kelapa Sawit PT.Socfindo di Desa Sungai Liput.


Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk Desa Sungai Liput yaitu sebanyak 1.092 jiwa.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan penentuan sampel yang diambil pada penelitian ini adalah 92 jiwa responden dari hasil perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Penelitian menggunakan metode kuantitatif bersifat deskriptif. Data Primer diperoleh melalui observasi di lapangan, penyebaran kuesioner dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumentasi dan studi pustaka. Data diperoleh atau dianalisis kedalam Rating Scale.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pabrik kelapa sawit PT.Socfindo terhadap kondisi sosial masyarakat  baik. Dapat dilihat dari hasil pengolahan data seperti berikut : Dari hasil analisis keberadaan pabrik kelapa sawit PT.Socfindo terhadap lingkungan masyarakat menunjukkan bahwa keberadaan industri kelapa sawit berdampak positif pada indikator kondisi  sosial menyatakan keamanan menunjukan nilai 58,12%. Interaksi sosial dan gotong royong menunjukkan nilai 70,53% serta dari hasil kondisi ekonomi menunjukkan pendapatan memiliki nilai 68,42% .


 


Kata Kunci : Pabrik Kelapa Sawit, Sosial Ekonomi Masyarakat


 


 

Kata kunci : pabrik kelapa sawit, sosial ekonomi masyarakat

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rahmadani syahfitri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2020)
Tanggal disimpan : 23-10-2020 19:33
Terakhir diubah : 25-02-2021 21:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=696
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!