ANALISIS PENGELOLAAN HUTAN MANGROVE KUALA LANGSA DITINJAU DARI PARTISIPASI MASYARAKAT

SITI MU'MINAH (2020), ANALISIS PENGELOLAAN HUTAN MANGROVE KUALA LANGSA DITINJAU DARI PARTISIPASI MASYARAKAT. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

ANALISIS PENGELOLAAN HUTAN MANGROVE KUALA LANGSA DITINJAU DARI PARTISIPASI MASYARAKAT


 


Siti Mu’minah


150405018


 


ABSTRAK


Indonesia memiliki luas wilayah laut mencakup 70 persen dari total luas wilayah Indonesia (Badan Pusat Statistik Indonesia, 2015). Indonesia juga merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang menempati urutan kedua dengan sepanjang garis pantai 81.000 km (Kementrian Kelautan dan Perikanan Indonesia). Rumusan masalah apakah masyarakat Kuala Langsa berpartisipasi dalam pengelolaan hutan mangrove Kuala Langsa, bagaimana bentuk partisipasi masyarakat Kuala Langsa dalam pengelolaan hutan mangrove Kuala Langsa, apa saja kebijakan yang sudah diterapkan masyarakat dalam pengelolaan hutan mangrove Kuala Langsa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pengelolaan hutan mangrove, bentuk parisipasi masyarakat dan untuk mengetahui kebijakan yang sudah diterapkan masyarakat.


Metode penelitian kuantitatif menurut Sugiono (2013) metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Gampong Kuala Langsa yang berjumlah 1.862 orang. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode simple random Sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 95 responden. penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner dan data diolah menggunakan rumus Skala Likert.


Hasil partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan hutan mangrove Kuala Langsa menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kategori baik dan cukup baik. Setiap indikator yang diteliti mendapatkan nilai angka diatas 50%. Pada indikator fungsi mangrove mendapatkan nilai 65,90%, indikator partisipasi kesukarelaan mendapatkan nilai 50,55%, indikator pengelolaan ekosistem mangrove mendapatkan nilai 65,35%, indikator partisipasi kepedulian mendapatkan nilai 59,65%, dan indikator fungsi mangrove terhadap lingkungan mendapatkan nilai 67,30%.


 


 


Kata Kunci: Pengelolaan, Partisipasi Masyarakat


 

Kata kunci : pengelolaan, partisipasi masyarakat

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SITI MU'MINAH
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2020)
Tanggal disimpan : 12-10-2020 16:03
Terakhir diubah : 25-02-2021 04:26
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=681
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!