KAJIAN YURIDIS KERUGIAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BARANG BERGARANSI (STUDI PENELITIAN DI KOTA LANGSA)

Nurul Fatimah (2020), KAJIAN YURIDIS KERUGIAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BARANG BERGARANSI (STUDI PENELITIAN DI KOTA LANGSA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pada zaman modern saat ini Handphone (HP) merupakan kebutuhan sekunder yang memiliki pengaruh sangat penting untuk mempermudah memperoleh suatu informasi dengan cepat maupun, saling terhubung dengan banyak orang. Hampir setiap orang memiliki HP, oleh sebab itu penjualan HP sangat laku di pasaran, sehingga menyebabkan beberapa HP yang sudah melewati hasil uji coba di pabrik sebagian dari HP tersebut mengalami kecacatan sistem pada HP tersebut. Permasalahan yang terjadi pada saat itu, konsumen baru saja membeli HP di Toko Langsa Ponsel, waktu uji coba di Toko tersebut HP nya tidak mengalami kerusakan apapun, setelah beberapa hari kemudian saat di isi daya HP tersebut mati dengan sendirinya dan tidak bisa dinyalakan kembali, masih dalam pemakaian normal dan tidak jatuh maupun masuk air dan lain sebagainya. Setiap HP memiliki garansi, didalam garansi tersebut sudah tertulis jelas dalam kerusakan apa saja yang boleh digaransikan dalam pemakaian normal, dikecualikan dalam kerusakan yang disengaja, tersambar petir, masuk air, dan yang terjatuh itu tidak masuk kedalam garansi. Maka dari itu, konsumen berhak meminta haknya sebagai konsumen yang ada dalam garansi tersebut dan itu sudah kewajiban produsen, karena HP tersebut masih ada masa garansinya. Tetapi sampai saat ini pihak produsen belum memberikan jawaban mengenai perbaikan HP tersebut, konsumen merasa dirugikan.
Tujuan penelitiannya untuk mengetahui bagaimana pengaturan hukum tentang hak dan kewajiban konsumen dan produsen. Untuk mengetahui apa faktor penyebab terjadinya kerugin terhadap konsumen dalam pembelian barang bergaransi dan, untuk mengetahui bagaimana upaya hukum dalam penyelesaian hak dan kewajiban dalam pertanggung jawaban kerugian konsumen.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian yuridis normatif. Penelitian yuridis normatif merupakan penelitian dengan cara meneliti bahan atau data sekunder yang mencakup penelitian terhadap asas-asas hukum.
Hasil penelitian menunjukkan pengaturan hukum yang dipakai adalah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 7 dan Pasal 25. Faktor penyebab terjadinya kerugian konsumen adalah kelalaian dari pihak produsen sehingga produk tersebut mengalami kecacatan pada sistemnya. Sampai saat ini dari hasil musyawarah antara konsumen dan produsen belum ada jawaban dari pihak produsen, sehingga konsumen mencoba perbaikin HP tersebut ke Toko Servis HP lain.
Disarankan kepada konsumen dalam menggunakan suatu produk yang diperdagangkan, konsumen harus lebih berhati-hati dikarenakan, produk-produk tersebut seringkali tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan kepada konsumen yang memakai produk tersebut akibatnya, dalam hal ini konsumen seringkali dirugikan.

Kata kunci : Kerugian Konsumen, Garansi, Produsen

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurul Fatimah
Fakultas : Fakultas Hukum
Program.Studi : Ilmu Hukum (2020)
Tanggal disimpan : 09-10-2020 12:48
Terakhir diubah : 26-02-2021 09:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=667
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!