ANALISIS KELAYAKAN USAHA KERUPUK BANDENG (STUDI KASUS : POKLAHSAR USAHA BUNDA) GAMPONG KUALA LANGSA, KECAMATAN LANGSA BARAT, KOTA LANGSA

Halisya Yuanda (2024), ANALISIS KELAYAKAN USAHA KERUPUK BANDENG (STUDI KASUS : POKLAHSAR USAHA BUNDA) GAMPONG KUALA LANGSA, KECAMATAN LANGSA BARAT, KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha dari usaha kerupuk bandeng Poklahsar Usaha Bunda. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilakukan di Gampong Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Untuk mengetahui kelayakan usaha kerupuk bandeng Poklahsar Usaha Bunda, dilakukan menggunakan analisis kelayakan finansial yang dilihat dari Net Present Value (NPV), Internal Rate Of Return (IRR), Payback Period (PP), dan Profitability Index (PI). Subjek dari penelitian ini sebagai narasumber yaitu Ibu Maimunah selaku pemilik dari usaha. Berdasarkan hasil analisis kelayakan finansial, hasil dari penelitian ini adalah usaha kerupuk bandeng Poklahsar Usaha Bunda memperoleh nilai Nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp 40.733.137,34 yang lebih besar dari 0, Internal Rate of Return (IRR) yang diperoleh sebesar 57,21% lebih besar dari suku bunga yang ditetapkan, PI yang diperoleh sebesar 1,83 lebih besar dari 1 (satu), dan Payback Period adalah 1 tahun 8 bulan 8 hari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha kerupuk bandeng Poklahsar Usaha Bunda layak untuk dijalankan dan dilanjutkan.

Kata kunci : Kerupuk Bandeng, Net Present Value, Internal Rate Of Return, Payback Period dan Profitability Index.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Halisya Yuanda
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2024)
Tanggal disimpan : 16-07-2024 18:37
Terakhir diubah : 24-07-2024 16:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6124
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!