KEHIDUPAN EKONOMI MASYARAKAT PIDIE DI PERANTAUAN (STUDI KASUS DI KOTA LANGSA PADA MASA PEMERINTAHAN USMAN ABDULLAH 2012-2021)

Noval Reza Andika (2024), KEHIDUPAN EKONOMI MASYARAKAT PIDIE DI PERANTAUAN (STUDI KASUS DI KOTA LANGSA PADA MASA PEMERINTAHAN USMAN ABDULLAH 2012-2021) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Aceh adalah bagian dari kepulauan Indonesia yang terletak di ujung bagian barat pulau Sumatra. Salah satu kabupaten yang ada di Aceh ialah kabupaten Pidie. Masyarakat Pidie identik dengan budaya m erantau dan berdagang. Mereka merantau ke penjuru negeri dengan tujuan tidak hanya untuk memperoleh kesuksesan, akan tetapi konsep merantau bagi masyarakat Pidie mengembara demi status sosial ekonomi yang lebih baik. Kehidupan yang lebih baik di sini adalah juga dimaksud agar mereka sukses dalam dua hal, yaitu sukses dunia-akhirat, ke barat dan ke timur, sukses berdagang dan juga belajar menuntut ilmu.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan ekonomi masyarakat Pidie di Kota Langsa serta peran dalam segi ekonomi di Kota Langsa pada Pemerintahan Usman Abdullah 2012-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode historis. adalah merupakan proses menguji dan menganalisis secara kritis rekaman, dokumen-dokumen dan peninggalan masa lampau yang autentik dan dapat dipercaya serta membuat interpretasi dan sintesis atas fakta-fakta tersebut menjadi sebuah kisah sejarah yang dapat dipercaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. 1. Ada tiga faktor yang menyebabkan masyarakat Pidie memilih merantau yaitu : a) Faktor Ekonomi, b) Faktor Sosial Budaya, c) Faktor Pendidikan. 2. Keadan ekonomi masyarakat Pidie terutama yang berdagang mengalami perkembangan yang stabil terutama pada masa pemerintahan Usman Abdullah baik pada periode I maupun II. 3. Terbentuknya komunitas ataupun paguyuban antar para pedagang masyarakat Pidie di Kota Langsa (FORKOMPIRA) untuk mengeratkan tali silahturahmi serta menyatukan antar para pedagang masyarakat Pidie di Kota Langsa. Dari pemaparan yang telah penulis uraikan dari penelitian ini, penulis memberikan beberapa saran kepada akademisi sejarah yaitu agar mengetahui keadaan yang terjadi pada masyarakat Pidie di kota Langsa terutama pada masa Pemerintahan Usman Abdullah serta mengambil nilai-nilai yang baik terutama dengan budaya merantau yang dilakukan masyarakar pidie untuk memperoleh kehidupan yang lebih layak dari sebelumnya serta untuk terus membangun serta meningkatkan roda perekonomian di Kota Langsa serta menjadikan contoh kepada etnis-etnis lain terutama bagi remaja-remaja yang ada di Kota Langsa untuk mulai menumbuhkan sikap mandiri serta gigih serta mulai untuk berani menjadi pengusaha muda sehingga meningkatkan ekonomi di Kota Langsa.


 


 

Kata kunci : Perantau, Masyarakat, Pidie, Ekonomi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Noval Reza Andika
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2024)
Tanggal disimpan : 15-07-2024 15:32
Terakhir diubah : 25-07-2024 16:36
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6118
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!