PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XL DI SMK NEGERI 3 LANGSA TAHUN AJARAN 2023/2024

Siti Azrah Pulungan (2024), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XL DI SMK NEGERI 3 LANGSA TAHUN AJARAN 2023/2024 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran sejarah melalui keterampilan kognitif selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin menggunakan model pembelajaran Cooperative Script untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Dimana populasi berjumlah 238 siswa terdiri dari 8 kelas. Kelas yang terpilih adalah kelas XI Busana 1 sebagai kelas Konvensional dan XI Busana 2 sebagai kelas Eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik Instumen pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dari data nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,007<0,05 dengan menggunakan Spss uji- t dapat diketahui bahwa nilai T hitung sebesar 2,758 dengan Df 68, T tabel  di peroleh dari jumlah siswa (n) = 35 dengan derajat kebesaran df = n - 2 atau 35 – 2 = 33. Hasil yang diperoleh untuk T tabel sebesar 1.692. Pada pengujian ini nilai Thitung > T tabel (2,758 > 1.692) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Script. yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dan Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script memperoleh nilai lebih tinggi yaitu dengan nilai ratarata posttest sebesar 86,28 dan hasil belajar siswa pada kelas konvensional memperoleh nilai posttest rata-rata sebesar 75,85.

Kata kunci : Model Pembelajaran Cooperative Script, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Sejarah.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Siti Azrah Pulungan
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2024)
Tanggal disimpan : 15-07-2024 11:09
Terakhir diubah : 24-07-2024 16:19
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6110
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!