PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SEJARAH SISWA SMA MUHAMMADIYAH LANGSA TAHUN AJARAN 2023/2024

Sri Karina (2024), PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SEJARAH SISWA SMA MUHAMMADIYAH LANGSA TAHUN AJARAN 2023/2024 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi pada siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah Langsa. Permasalahan berupa kurang aktifnya siswa pada saat pembelajaran sejarah sehingga berpengaruh pada hasil belajar sejarah siswa yang menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap keaktifan belajar Sejarah siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah Langsa dan untuk mengetahui perbedaan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen Non-Equivalent Control Group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas XI-2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-1 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan instrumen lembar obsevasi keaktifan belajar siswa serta menggunakan pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS Statistics 20 dan Excel. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Februari 2024. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) terhadap keaktifan belajar Sejarah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Langsa Tahun Ajaran 2023/2024 dan terdapat perbedaan keaktifan belajar Sejarah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Langsa dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) yang dapat dilihat dari keaktifan belajar sejarah siswa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) 35% pada kelas eksperimen dan 35% pada kelas kontrol, setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) mengalami peningkatan pada kelas eksperimen 94% dan kelas kontrol 71%.

Kata kunci : Pengaruh, Penerapan, Model, Pembelajaran, Kooperatif, STAD, Keaktifan, Belajar, Sejarah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sri Karina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2024)
Tanggal disimpan : 14-07-2024 18:56
Terakhir diubah : 22-07-2024 09:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6108
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!