PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Lady Syahri Adisti (2024), PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya motivasi dalam belajar matematika. Video pembelajaran matematika interaktif berbasis budaya lokal merupakan salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penggunaan video pembelajaran matematika interaktif berbasis budaya lokal lebih baik dari pada hasil belajar matematika tanpa penggunaan video pembelajaran matematika interaktif berbasis budaya lokal (2) Untuk mengetahui kriteria motivasi belajar siswa setelah digunakannya video pembelajaran matematika interaktif berbasis budaya lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental bentuk The Nonequivalent Pretest-Possttest Control Group Design. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Langsa tahun ajaran 2023/2024 dan sampelnya adalah kelas VII.1 dan VII.2 dengan jumlahnya masing-masing 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes soal uraian untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar. Hasil penelitian diperoleh (1) Pada uji Independent Sample T Test dengan menggunakan secara manual data N-Gain, sehingga nilai thitung = 3,75. Sehingga thitung > ttabel (3,75 > 1,674) dengan taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penggunaan video pembelajaran matematika interaktif berbasis budaya lokal lebih baik dari pada hasil belajar matematika tanpa penggunaan video pembelajaran matematika interaktif berbasis budaya lokal (2) Setelah digunakannya video pembelajaran matematika interaktif berbasis budaya lokal siswa kelas VII.1 SMPNegeri 9 Langsa memiliki kriteria sebagian besar memiliki motivasi belajar dengan persentase rata-rata jawaban angket peserta didik sebesar 62,82% dan rata-rata hasil angket sebesar 44,57. Peneliti mengharapkan hasil penelitian dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi guru untuk menggunakan video pembelajaran interaktif berbasis budaya lokal untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci : Video Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Budaya Lokal, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Lady Syahri Adisti
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2024)
Tanggal disimpan : 11-07-2024 10:28
Terakhir diubah : 19-07-2024 10:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6093
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!