MENINGKATKAN PENGETAHUAN TEKNIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN MEDIA TALI DAN EVALUASI BERBASIS AUDIO VISUAL PADA SISWA SMA NEGERI 1 LANGSA

Muksal Mina (2024), MENINGKATKAN PENGETAHUAN TEKNIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN MEDIA TALI DAN EVALUASI BERBASIS AUDIO VISUAL PADA SISWA SMA NEGERI 1 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan media Tali dan evaluasi berbasis audio visual. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-F7 SMA Negeri 1 Langsa. Lokasi penelitian ini di laksanakan di SMA Negeri 1 Langsa. Lokasi tempat SMA Negeri 1 langsa ini beralamat di Jl. Jendal Ahmad Yani, Paya Bujok Seuleumak, Kec. Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh 24375. Penilitian ini akan di lakukan di SMA Negeri 1 Langsa, Desa Paya Bujok Seuleumak, Kec. Langsa Baro, Kota Langsa, Mulai 2 Mei s/d 7 Mei 2024, sampel penelitian ini adalah 36 0rang siswa kelas XI-F7 SD Negeri 1 Langsa yang terdiri dari 22 putra dan 14 putri. Instrumen penelitian tindakan kelas ini yaitu tes praktek (Psikomotor). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase pada PreTest dari 36 siswa yang mampu haya 10 siswa atau hanya 27,7% dari siswa seluruhnya yang berhasil melakukan dengan baik dan 26 siswa yang belum tuntas atau 72,3% dengan dengan nilai terendah adalah 56,2 dan nilai tertinggi adalah 81,2. Sedangkan nilai secara klasikal pada data awal siswa adalah 11,3, dan berdasarkan hasil tes siklus I diperoleh data sebanyak 31 orang siswa atau 86% telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Sedangkan 5 orang siswa atau 14% belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yang di harapkan. Berdasarkan hasil PreTest dan siklus I. Hasil analisis data yang menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan kemampuan lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan media Tali dan evaluasi berbasis audio visual lompat jauh gaya jongkok siswa kelas XI-F7 SMA Negeri 1 langsa.

Kata kunci : Meningkatkan Pengetahuan, Lompat Jauh.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muksal Mina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2024)
Tanggal disimpan : 10-07-2024 16:27
Terakhir diubah : 19-07-2024 10:28
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6091
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!