UJI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS PADI SAWAH TERHADAP WALANG SANGIT (LEPTOCORISA ACUTA T). DI DESA JAMUR LABU KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG

Fikri Ananda (2024), UJI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS PADI SAWAH TERHADAP WALANG SANGIT (LEPTOCORISA ACUTA T). DI DESA JAMUR LABU KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketahanan beberapa varietas padi sawah terhadap serangan hama walang sangit (Leptocorisa acuta T). Penelitian ini dilakukan di lahan sawah Desa Jamur Labu, Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2022. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode survey yang pengambilan sampelnya dengan menggunakan tehnik purposive sampling (pengambilan sampel seecara sengaja). Yang terdiri atas faktor varietas yang terdiri atas 4 varietas yaitu: varietas mekongga, varietas ciherang, varietas pringgondani, dan  varietas  IR 32. Variabel yang diamati antara lain, intensitas serangan hama walang sangitdan prsentase serangan walang sangit. Hasil penelitian menujukkan varietas tanaman yang paling tahan terhadap serangan hama walang sangit terdapat pada varietas pringgondani dan varietas yang paling rentan terhadap serangan hama walang sangit yaitu varietas  IR 32 dan varietas ciherang.

Kata kunci : Padi Sawah, Walang Sangit, Desa Jamur Labu

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fikri Ananda
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2024)
Tanggal disimpan : 04-07-2024 19:16
Terakhir diubah : 19-07-2024 10:25
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6065
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!