ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEMBIBITAN IKAN KERAPU (EPINEPHELUS) SKALA RUMAH TANGGA DI KECAMATAN IDI TIMUR KABUPATEN ACEH TIMUR

NURMALAWATI (2024), ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEMBIBITAN IKAN KERAPU (EPINEPHELUS) SKALA RUMAH TANGGA DI KECAMATAN IDI TIMUR KABUPATEN ACEH TIMUR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pembibitan Ikan Kerapu (Epinephelus) Skala Rumah Tangga Di Kecamatan Idi Timur Kabupaten Aceh Timur. Masalah dari Penelitian ini adalah Faktor apa saja yang mempengaruhi faktor Internal dan faktor Eksternal dan strategi apa yang tepat dalam pengembangan usaha Pembibitan Ikan Kerapu Skala Rumah Tangga di Kecamatan Idi Timur Kabupaten Aceh Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengindentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi faktor Internal dan faktor Eksternal dan Menganalisis strategi pengembangan pada usaha Pembibitan Ikan Kerapu Skala Rumah Tangga di Kecamatan Idi Timur Kabupaten Aceh Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Survey dan alat analisis menggunakan teknik analisis SWOT dengan pendekatan kualitatif, yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Dari hasil analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunitiess, Threats) didapatkan tiga strategi SO (Strength Opportunitiy), tiga strategi WO (Weakness Opportunitiy), tiga strategi ST (Strength Threat), dan tiga strategi WT (Weaknes Threats). Dari dua belas strategi tersebut, di pilihlah satu strategi yang lebih di unggulkan atau di prioritaskan dengan menggunakan alat analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Dari hasil analisis QSPM di dapatkan satu strategi yang lebih di prioritaskan berdasarkan dari total nilai daya tarik (TAS) yang terbesar. Strategi yang mendapat total nilai daya tarik (TAS) yang terbesar yaitu strategi 4 Menjaga kebersihan area keramba dari hama dan penyakit sebesar 5,96.

Kata kunci : Ikan Kerapu, QSPM, Strategi Pengembangan, SWOT

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NURMALAWATI
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2024)
Tanggal disimpan : 28-06-2024 11:38
Terakhir diubah : 15-07-2024 15:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6040
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!