PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (STRENGTHS WEAKNESSES OPPORTUNITIES THREATS) DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS : UKM TEMPE SOLO)

Evan Franklin Simanjuntak (2024), PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (STRENGTHS WEAKNESSES OPPORTUNITIES THREATS) DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS : UKM TEMPE SOLO) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

UKM Tempe Solo merupakan usaha yang bergerak dalam bidang produksi tempe yang berlokasi di Kota Langsa, Provinsi Aceh. Dengan banyaknya pesaing dalam bidang yang sama merupakan alasan bagi UKM Tempe Solo untuk membuat strategi agar dapat meningkatkan penjualan. Dimana jumlah penjualan UKM Tempe Solo tidak mencapai target yang sudah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan penjualan UKM Tempe Solo berdasarkan kondisi terkini internal dan eksternal dengan menggunakan matriks IE serta mengetahui perencanaan strategi pemasaran yang menjadi prioritas untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan matriks QSPM. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan QSPM. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada pengolahan matriks IFE didapat nilai sebesar 3,71 dan matriks EFE sebesar 3,71. Hal tersebut menempatkan posisi pada matriks IE dikuadran I yang artinya kondisi UKM Tempe Solo berada pada tahap pertumbuhan dan membangun (growth and build). Hasil penilaian melalui QSPM adalah strategi yang dijadikan prioritas. Berdasarkan hasil perhitungan analisis QSPM dipilih 3 strategi teratas yang diprioritaskan yaitu strategi meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk (SO-1) dengan total nilai TAS 5,93, strategi memaksimalkan modal untuk meningkatkan kegiatan promosi sehingga dapat bersaing dengan usaha yang serupa (WT-1) dengan total nilai TAS 5,64, strategi mempertahankan pangsa pasar atau pelanggan (SO-2) dengan total nilai TAS 5,55.

Kata kunci : Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats), QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Evan Franklin Simanjuntak
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2024)
Tanggal disimpan : 24-06-2024 11:57
Terakhir diubah : 03-07-2024 16:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6023
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!