PENGARUH JENIS BIOCHAR DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KECIPIR (PSOPHOCARPUS TETRAGONOLOBUS L.)

Nurul hamidah (2024), PENGARUH JENIS BIOCHAR DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KECIPIR (PSOPHOCARPUS TETRAGONOLOBUS L.) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui pertumbuhan dan produksi tanaman kecipir terhadap pemberian jenis biochar dengan dosis pupuk NPK. Penelitian ini telah dilakukan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Provinsi Aceh. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor, faktor pertama pemberian jenis Biochar (B) yang terdiri dari 4 taraf yaitu, B0 = kontrol, B1 = arang sekam padi, B2 = arang batok kelapa dan B3 = arang serbuk gergaji. Faktor kedua pemberian dosis pupuk NPK (M) yang terdiri dari 4 taraf yaitu, M0 = kontrol, M1 = 100 kg/ha, M2 = 200 kg/ha, M3 = 300 kg/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jenis Biochar berpengaruh nyata terhadap Tinggi Tanaman (cm) umur 21 dan 28 HST, Jumlah Daun (helai) umur 7, 14 dan 28 HST dan Jumlah Buah Kecipir per Plot dan berpengaruh tidak nyata terhadap Panjang Buah (cm), Lebar Buah (cm) dan Bobot Buah kecipir per Plot (kg). Hasil pengamatan terbaik diperoleh perlakuan jenis biochar 10 ton/ha. Perlakuan dosis pupuk NPK berpengaruh nyata terhadap Tinggi Tanaman (cm) umur 21 HST, Jumlah Daun (helai) umur 7 HST dan Bobot Buah Kecipir per Plot (kg) dan berpengaruh tidak nyata terhadap Jumlah Buah Kecipir per Plot, Panjang Buah (cm) dan Lebar Buah (cm). Hasil pengamatan terbaik diperoleh perlakuan dosis pupuk NPK 100 kg/ha dan 200 kg/ha. Interaksi antara jenis Biochar dan dosis pupuk NPK berpengaruh nyata terhadap Jumlah Daun (helai) umur 7 HST dan berpengaruh tidak nyata terhadap Tinggi Tanaman (cm), Jumlah Buah Kecipir per Plot, Panjang Buah (cm), Lebar Buah (cm) dan Bobot Buah Kecipir per Plot (kg). Kombinasi terbaik diperoleh pada perlakuan jenis Biochar Arang Sekam Padi 10 ton/ha dan dosis pupuk NPK Mutiara 100 kg/ha. 

Kata kunci : Jenis Biochar, Pupuk Npk, Tanaman Kecipir (Psophocarpus Tetragonolobus L.)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurul hamidah
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2024)
Tanggal disimpan : 14-06-2024 20:15
Terakhir diubah : 15-07-2024 15:43
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6002
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!