EVALUASI JENIS DAN TINGKAT KERUSAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) (STUDI KASUS : JLN. TENGKU MOH.DAUD BEUREUEH KOTA LANGSA)

EPRIANTO (2021), EVALUASI JENIS DAN TINGKAT KERUSAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) (STUDI KASUS : JLN. TENGKU MOH.DAUD BEUREUEH KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Jalan merupakan sebuah fasilitas yang dibuat untuk mempermudah transportasi melalui jalur darat. Jalan sudah ada sejak zaman manusia purba yang digunakan untuk berpindah tempat telusuri hutan. Dalam perkembangannya pada zaman dahulu manusia hanya mengenal jalan yang terbuat dari tanah dan hanya bisa di lalui dengan berjalan kaki ataupun dengan menggunakan kuda. Hingga saat ini manusia membutuhkan jalannya tidak hanya untuk dilalui oleh pejalan kaki namun juga oleh kendaraan dengan roda. Perkembangan selanjutnya manusia mampu jalan dengan perkerasan jalan yaitu beton dan aspal. Dari dasar pemikiran di atas, penulis akan membuat sebuah perancangan untuk menyempurnakan skripsi perencanaan perbaikan jalan diruas jalan Tengku Moh.Daud Beureueh, Kota Langsa dengan panjang perkerasan jalan kurang lebih 2 km dan lebar jalan 5 meter dan berfokus pada kerusakan jalan yang diwujudkan dalam sebuah skripsi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai yaitu untuk mengetahui jenis- jenis dan tingkat kerusakan jalan diruas jalan Teungku Moh.Daud Beureueh, Kota Langsa dan melakukan evaluasi terhadap tingkat kerusakan jalan dengan metode Metode Pavement Condition Indeks (PCI) diruas jalan Teungku Moh.Daud Beureueh, Kota Langsa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka terdapat beberapa hal yang dapat disimpulkan sebagai berikut terdapat 8 jenis kerusakan dan nilai persentase pada ruas Jalan Teungku Moh.Daud Beureueh, Kota Langsa antara lain: Retak Buaya 8,47 %, Amblas 1,69 %, Retak Tepi 22,03%, Retak Memanjang 20,34%, Tambalan 5,08%, Retak Pengembangan 1,69%, Lubang 25,42%, dan Pelepasan Butir 15,25%. Dan nilai indeks kondisi perkersan (PCI) rata-rata ruas Jalan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang, Untuk sta. 0+000 – 1+000 adalah 76,60 % yang termasuk dalam katagori Sangat Baik (Very Goog). Pada sta. 1+100 – 2+000 adalah 72,30% dan juga termasuk katagori Sangat Baik Very Good), Untu rata-rata atau keseluruhan dar sta. 0+100 – 2+000 adalah 74,45 % dan termasuk katagori Sangat Baik (Very Good).

Kata kunci : Jalan, Kerusakan Jalan, PCI

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : EPRIANTO
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2021)
Tanggal disimpan : 14-06-2024 16:11
Terakhir diubah : 18-07-2024 10:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6001
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!