ANALISIS KETIMPANGAN PEMBANGUNAN REGIONAL ANTARA KABUPATEN INDUK DAN PEMEKARANNYA (STUDI KASUS KABUPATEN DAIRI DAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT)

Helnita Manik (2024), ANALISIS KETIMPANGAN PEMBANGUNAN REGIONAL ANTARA KABUPATEN INDUK DAN PEMEKARANNYA (STUDI KASUS KABUPATEN DAIRI DAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat bagaimana ketimpangan pembangunan regional antar kabupaten induk dan pemekarannya (studi kasus Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat) dan untuk mengetahui pengaruh PDRB perkapita dan Jumlah penduduk terhadap ketimpangan pembangunan regional antar Kabupaten Induk dan pemekaraanya baik secara simultan dan parsial di tahun 2013-2022. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data PDRB perkapita dan jumlah penduduk selama tahun 2013-2022.Penelitian ini menggunakan data runtun waktu (Time Series) dengan metode analisis yang digunakan adalah Indeks Williamson yang merupakan pengukuran ketimpangan pembangunan regional disutu wilayah  dan Regresi Linear Berganda melalui program Eviews 10. Berdasarkan hasil perhitungan Indeks Williamson, secara rata-rata nilai indeks Williamson Kabupaten Dairi selama tahun  2013-2022 yaitu sebesar 0.117. Nilai Indeks Williamson Kabupaten Pakpak Bharat selama tahun 2013-2022 secara rata-rata yaitu sebesar 0,057. Hasil penelitian menunjukan Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat masih jauh dari kata baik dari sisi pembangunan yang dibuktikan dengan nilai indeks Williamson yang nilainya jauh dari angka 0.Hasil analisis regresi linear berganda juga menunjukan bahwa secara parsial variable PDRB Perkapita berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pembangunan regional, dan variabel Jumlah Penduduk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pembangunan regional di Kabupaten Dairi. Sedangkan pada Kabupaten Pakpak Bharat secara parsial variabel PDRB Perkapita memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pembangunan regional, dan variabel Jumlah penduduk memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pembangunan regional. Selanjutnya secara simultan PDRB Perkapita dan Jumlah Penduduk berpengaruh secara signifikan antar Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Kata kunci : Ketimpangan Pembangunan Regional, PDRB Perkapita, Jumlah Penduduk, Indeks Williamson

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Helnita Manik
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 14-06-2024 11:06
Terakhir diubah : 02-07-2024 10:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5994
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!