ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN ISTRI PETERNAK AYAM KAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA JAMUR JELATANG KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG

Tengku Atikah Rahayu (2024), ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN ISTRI PETERNAK AYAM KAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA JAMUR JELATANG KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan yang diperoleh istri peternak ayam dalam kontribusinya pada pendapatan keluarga dan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap meningkatnya pendapatan keluarga peternak ayam di Desa Jamur Jelatang Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Untuk mengetahui kontribusi pendapatan istri peternak ayam diperoleh dengan menghitung ratio pendapatan istri terhadap pendapatan keluarga yang diterima selama satu bulan yang dinyatakan dalam persen. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi meningkatnya pendapatan keluarga di Desa Jamur Jelatang Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang digunakan analisis statistik dengan metode regresi linier berganda. Pengolahan data dilakukan menggunakan software computer SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat pendapatan yang diperoleh responden rata-rata Rp 745.455/bulan dan kontribusi pendapatan istri peternak ayam di Desa Jamur Jelatang Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang dalam meningkatkan pendapatan keluarga sebesar 40,6 %. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya pendapatan keluarga peternak ayam adalah umur, dan tingkat pendidikan sedangkan pendapatan istri dan curahan waktu kerja tidak berpengaruh secara signifikan.

Kata kunci : Kontribusi, Pendapatan, Umur, Tingkat Pendidikan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tengku Atikah Rahayu
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2024)
Tanggal disimpan : 13-06-2024 14:28
Terakhir diubah : 02-07-2024 10:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5980
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!