RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL SORGUM (SORGHUM BICOLOR (L) MOENCH) TERHADAP DOSIS PUPUK KANDANG SAPI DENGAN JARAK TANAM YANG BERBEDA

Dwi Arica (2024), RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL SORGUM (SORGHUM BICOLOR (L) MOENCH) TERHADAP DOSIS PUPUK KANDANG SAPI DENGAN JARAK TANAM YANG BERBEDA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dwi Arica “Respon Pertumbuhan dan Hasil Sorgum (sorghum bicolor (L.) Moench) terhadap Dosis Pupuk Kandang Sapi dengan Jarak Tanamy ang Berbeda”. Di bawah bimbingan Ibu Ir. Rosmaiti, M.P sebagai pembimbing utama dan Ibu Yenni Marnita, S.P., M.P sebagai pembimbing anggota.Tujuan penelitian untuk mengetahui respon pertumbuhan dan hasil sorgum terhadap dosis pupuk kandang sapi dengan jarak tanam yang berbeda. Penelitian ini telah dilakukan di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra,Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Provinsi Aceh. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari dua faktor,faktor pertama dosis pupuk kandang dengan 3 taraf terdiri dari 20 ton/ha, 30 ton/ha dan 40 ton/ha. Faktor kedua jarak tanam dengan 3 taraf terdiri dari 60 cm x 25 cm, 70 cm x 20 cm dan 80 cm x 25 cm. Dari kedua faktor diperoleh 9 kombinasi percobaan, masing-masing kombinasi diulang sebanyak 3 kali,sehingga diperoleh 27 plot percobaan. Jumlah keseluruhan tanaman sebanyak 216 dengan total sampel 108 tanaman, parameter pengamatan yang diukur adalah tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, panjang malai, bobot malai, bobot biji per malai dan bobot 100 biji kering.Data hasil analisis menggunakan analisis Anova dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis pupuk kandang sapi berpengaruh sangat nyata terhadap bobot biji per malai,berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 56 HST, dan berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah daun, diameter batang, panjang malai, bobot malai dan bobot 100 biji kering. Hasil pengamatan terbaik diperoleh perlakuan dosis pupuk kandang sapi 40 ton/ha.Perlakuan jarak tanam berpengaruh sangat nyata terhadap bobot biji permalai, berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 28 HST, jumlah daun umur 14 HST, diameter batang umur 28 HST, bobot malai, dan berpengaruh tidak nyata terhadap panjang malai dan bobot 100 biji kering. Hasil pengamatan menunjukkan jarak tanam (60 cm x 25 cm) memberikan pertumbuhan dan hasil tanaman sorgum terbaik.Interaksi antara dosis pupuk kandang sapi dan jarak tanam berpengaruh nyata terhadap bobot biji per malai dan berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, panjang malai, bobot malai dan bobot 100 biji kering. Kombinasi terbaik diperoleh pada perlakuan dosis pupuk kandang sapi 40 ton/ha dan jarak tanam 60 cm x 25 cm.

Kata kunci : Sorgum, Pupuk Kandang Sapi, Jarak Tanam

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dwi Arica
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2024)
Tanggal disimpan : 07-06-2024 14:35
Terakhir diubah : 17-07-2024 08:16
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5941
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!