ANALISIS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DALAM UPAYA PEMBANGUNAN DESA DI GAMPONG RANTO KECAMATAN LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA

Teuku Al Ichsan (2024), ANALISIS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DALAM UPAYA PEMBANGUNAN DESA DI GAMPONG RANTO KECAMATAN LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam upaya pembangunan di Gampong Ranto kecamatan Lhoksukon kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode analisisnya menggunakan analisis PESTEL dan analisis SOAR. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan empat strategi khusus pembangunan desa pertama, strategi yang memanfaatkan kekuatan desa untuk mewujudkan aspirasi seluruh masyarakat desa (Strategy Strength-Aspirations), kedua, strategi yang memanfaatkan kekuatan desa untuk mewujudkan misi dan visi desa (Strategy Strength-Results) ketiga, strategi yang memanfaatkan peluang yang ada untuk mewujudkan aspirasi seluruh masyarakat pedesaan (Strategy Opportunities-Aspiration) keempat, strategi yang memanfaatkan peluang yang ada untuk mewujudkan visi dan misi desa (Strategy Opportunities-Result). Bedasarkan strategi tersebut dapat disimpulkan bahwa peluang untuk mengelola Alokasi Dana Desa dalam upaya pembangunan Gampong Ranto memiliki peluang yang tinggi dan berhasil, diantaranya dalam membangun beberapa sektor seperti Sektor ekonomi, seperti suksesnya Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) seperti, penyewaan sound system, penyewaan tenda pesta, Sektor insfrastruktur, banyak bangunan yang bermanfaat seperti gedung serbaguna, irigasi milik desa, Sektor sumber daya manusia, desa sudah sering mengirim masyarakat muda maupun tua untuk mengikuti pelatihan pelatihan yang disediakan.

Kata kunci : Pengelolaan, Alokasi Dana Desa, Pembangunan Desa, SOAR

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Teuku Al Ichsan
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 07-06-2024 14:00
Terakhir diubah : 25-06-2024 10:26
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5940
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!