PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL TENDANGAN LONG PASS PADA PEMAIN SEPAK BOLA SSB INDONESIA MUDA KOTA LANGSA

Muhammad Almajidu (2024), PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL TENDANGAN LONG PASS PADA PEMAIN SEPAK BOLA SSB INDONESIA MUDA KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Berdasarkan observasi peneliti diawal, kemampuan pemain Indonesia SSB Muda Kota Langsa dalam melakukan long passing belum maksimal sehingga berdampak pada permainan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh latihan Plyometric terhadap kemampuan tendangan long pass pemain sepak bola SSB Indonesia Muda kota Langsa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 14 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu preetest-posttest design. Instrument dalam penelitian ini latihan plyometric. Data diambil dari tes awal (preetets) dan tes akhir (posttest). Perlakuan dalam penelitian berupa latihan menggunakan beban yang diberikan selama 16 kali pertemuan dengan frekuensi latihan 3 kali dalam seminggu. Teknik analisis data menggunakan SPSS Statistik 22, pengukuran dan pengujian hasil menggunakan uji normalitas data, pengujian homogenitas data, uji statistik t. Adapun hasil penelitian yang didapat Nilai sig. 0,0000 ≤ 0.05. “H0 di tolak” maka dapat disimpulkan bahwa ada efek latihan plyometric berpengaruh terhadap tendangan long pass pemain sepak bola SSB Indonesia Muda Kota Langsa.

Kata kunci : Plyometric, Sepak Bola, Shooting

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Almajidu
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2024)
Tanggal disimpan : 06-06-2024 12:29
Terakhir diubah : 25-07-2024 16:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5931
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!