TIGA FUNGSI DALAM SATU DIRI : PERAN INGGIT GARNASIH DALAM KEHIDUPAN SUKARNO PADA MASA PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA TAHUN 1923-1943.

Dewi Aryani (2024), TIGA FUNGSI DALAM SATU DIRI : PERAN INGGIT GARNASIH DALAM KEHIDUPAN SUKARNO PADA MASA PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA TAHUN 1923-1943.. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kedudukan Inggit garnasih sebagai “Ibu”, istri, dan teman seperjuangan dalam hidup Sukarno. Penelitian ini menggunakan metode historis yang terdiri dari empat langkah, yaitu: heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. 1. Kedudukan Inggit Garnasih sebagai seorang “Ibu” dalam kehidupan Sukarno dipengaruhi oleh dua faktor: a) memberikan dorongan kasih sayah secara lahir; secara finansial Inggit memberikan seluruh harta benda yang dimilikinya hinga bisa mengantarkan Sukarno ke gerbang kemerdekaan, b) memberikan dorongan kasih sayang secara batin; mampu memberikan kasih sayang dan penyemangat bagi Sukarno, dengan rasa cinta yang besar yang diberikannya Sukarno mewujudkan kasih ibu yang hilang, yang tidak dinikmati sebelumnya  2. Kedudukan Inggit Garnasih sebagai seorang istri dalam kehidupan Sukarno adalah a) perempuan yang memiliki simbol kesetiaan; dengan kebesaran hati yang dimilikinya inggit merelakan Sukarno dengan perempuan lain, dan lebih memilih untuk hidup sendiri dibanding harus hidup satu atap dengan perempuan lain b) perempuan tanpa pamrih; dengan memberikan seluruh harta benda yang dimilikinya dalam menemani Sukarno Inggit tidak pernah mengharap imbalan dan balasan, semua diberikannya dengan ikhlas tanpa mengharap balasan dari Sukarno 3. Kedudukan Inggit Garnasih sebagai seorang teman seperjuangan dalam kehidupan Sukarno adalah; menemani perjuangan saat di penjara Banceuy, Flores, dan Bengkulu. Dengan kesetiannya menemani Sukarno dalam pembuangan sehingga mampu menstabilkan mental Sukarno sehingga tetap bertahan hidup dalam pembuangannya.


 


 

Kata kunci : Inggit Garnasih, Sukarno, Perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dewi Aryani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2024)
Tanggal disimpan : 06-06-2024 11:57
Terakhir diubah : 19-06-2024 10:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5928
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!