ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA PEMBESARAN KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) (STUDI KASUS) DI TAMBAK KEPITING BAKAU IBU TAIMAN DESA ALUE SENTANG, KECAMATAN MANYAK PAYED, KABUPATEN ACEH TAMIANG

Ismala Dewi (2024), ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA PEMBESARAN KEPITING BAKAU (SCYLLA SERRATA) (STUDI KASUS) DI TAMBAK KEPITING BAKAU IBU TAIMAN DESA ALUE SENTANG, KECAMATAN MANYAK PAYED, KABUPATEN ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kelayakan Finansial Usaha Pembesaran Kepiting Bakau (Scylla serrata) (Studi Kasus: Di Tambak Kepiting Bakau Ibu Taiman Desa Alue Sentang, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang)” Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan alat bantu Microsoft Excel. Responden dalam penelitian ini adalah Ibu Taiman sebagai pemilik dan pengelola usaha Pembesaran Kepiting Bakau (Scylla serrata). Analisis yang dihitung yaitu Biaya Produksi, Penerimaan, Keuntungan, R/C Ratio (Revenue Cost Ratio), ROI (Return On Investment) BEP (Break Event Point). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) Biaya Investasi yang dikeluarkan yaitu sebesar Rp. 65.490.000/ tahun. Total biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp.75.053.250/tahun. Total penerimaan sebesar Rp. 166.435.000/tahun. Keuntungan yang diperoleh yaitu sebesar Rp 91.381.750/tahun. R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) yang diperoleh sebesar 2,2 lebih besar dari 1; - ROI (Return On Investment) yang diperoleh sebesar 40 % lebih besar dari 0%. BEP Produksi adalah 337 kg; - Dan BEP harga adalah Rp. 84.235, sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha Pembesaran Kepiting Bakau (Scylla serrata) di Tambak Ibu Taiman di desa Alue Sentang, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang menguntungkan dan layak untuk dijalankan.

Kata kunci : Kelayakan, Finansial, Kepiting Bakau (Scylla serrata)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ismala Dewi
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2024)
Tanggal disimpan : 06-06-2024 11:41
Terakhir diubah : 20-06-2024 15:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5926
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!