PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS AL-WASHLIYAH STABAT

Ikhwani Syifa Zahra Nasution (2024), PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS AL-WASHLIYAH STABAT . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan agar lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada kelas VII MTs Al-Washliyah Stabat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest control group design dengan menggunakan dua kelas sampel, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrument yang digunakan berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 75,33 dan kelas kontrol sebesar 59. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t (α = 0,05) diperoleh (5,3646) Thit ≥ (2,0017) Ttab. Uji R2 yang diperoleh berdasarkan pengaruh dari penggunaan model Project Based Learning sebesar 0,396% Berdasarkan hasil tersebut didapatkan bahwa penggunaan model Project Based Learning memiliki pengaruh terhasil hasil belajar siswa.

Kata kunci : Model Project Based Learning, Hasil Belajar : Ekosistem

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ikhwani Syifa Zahra Nasution
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2024)
Tanggal disimpan : 05-06-2024 11:22
Terakhir diubah : 19-07-2024 10:28
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5920
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!