PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN SOFTWARE CABRI 3D DI KELAS VIII SMPN 3 LANGSA

Nadya balqis aridi (2024), PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN SOFTWARE CABRI 3D DI KELAS VIII SMPN 3 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Hasil Belajar matematika merupakan salah satu indikator keefektifan pembelajaran matematika. Hasil Belajar matematika yang tinggi menunjukkan bahwa proses belajar matematika tersebut efektif. Sebaliknya hasil belajar matematika rendah menunjukkan indikasi ketidakefektifan proses belajar matematika. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan software cabri 3D lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan software cabri 3D di kelas VIII SMPN 3 Langsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design pada Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 367 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Sehingga didapat sampel dalam penelitian ini yakni peserta didik kelas VIII 1 dengan jumlah 30 peserta didik dan peserta didik kelas VIII 2 yang berjumlah 30 peserta didik. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menguji pengujian hipotesis dengan 2 cara, yaitu cara manual dan dengan menggunakan SPSS, hasil yang diperoleh dengan cara manual yaitu didapat kan nilai t_hitung=6,688 dan nilai t_tabel=1,672 sehingga nilai t_hitung>t_tabel = 6,688 > 1,672. Kemudian diperoleh data hasil uji Independent Sample T-Test yang didapatkan bahwa nilai signifikan (sig 2-tailed) adalah 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 ( sig 0,000 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan software cabri 3D lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan software cabri 3D di kelas VIII SMPN 3 Langsa

Kata kunci : Hasil Belajar Matematika,Software Cabri 3D

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nadya balqis aridi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2024)
Tanggal disimpan : 04-06-2024 15:24
Terakhir diubah : 22-07-2024 09:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5912
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!