PENGARUH E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH), LIVE STREAMING SHOPPING, PRICE DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SAMUDRA)

Jojor Ivana Silaban (2024), PENGARUH E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH), LIVE STREAMING SHOPPING, PRICE DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SAMUDRA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh e-wom (electronic word of mouth), live streaming shopping, price discount terhadap keputusan pembelian konsumen di marketplace shopee. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 97 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Dari analisis regresi linier berganda didapatkan persamaan regresi Y = 1.400 + 0,407X1+ 0,136X2 + 0,180X3. Dari uji t diketahui bahwa secara parsial variabel e-wom (electronic word of mouth), live streaming shopping, price discount berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di marketplace shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra, dimana diperoleh nilai t sig < 0,05. Dari uji F diketahui bahwa e-wom (electronic word of mouth), live streaming shopping, price discount secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di marketplace shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra, dimana masing-masing variabel bebas memiliki F sig < 0,05. Dari uji koefisien determinasi diketahui bahwa e-wom (electronic word of mouth), live streaming shopping, price discount terhadap keputusan pembelian konsumen di marketplace shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra sebesar 33,8% Sedangkan sisanya 66,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.

Kata kunci : E-wom (electronic word of mouth), live streaming shopping, price discount, keputusan pembelian konsumen.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Jojor Ivana Silaban
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2024)
Tanggal disimpan : 04-06-2024 11:09
Terakhir diubah : 19-06-2024 10:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5905
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!