PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 MEDANG DERAS KABUPATEN BATU BARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Annisah Humaira (2024), PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 MEDANG DERAS KABUPATEN BATU BARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pembelajran Sejarah bertujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya waktu dan tempat dalam perjalanan masa lampau, masa kini dan masa depan. Sehingga untuk memahami kemampuan pembelajaran Sejarah siswa harus memiliki kemampuan berpikir kritis, namun untuk saat ini pembelajaran Sejarah yang dilakukan di tingkat SMA masih menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu pembelajaran Sejarah di tingkat SMA kerap menghadapi sejumlah tantangan, kurangnya kreatifitas guru dalam menyampaikan materi dan siswa yang kurang berpartisipasi sehingga sulit untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Medang Deras melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Dengan menerapkan pendekatan penelitian tindakan kelas, penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 34 siswa. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menguraikan data yang diperoleh dari observasi dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Medang Deras pada tahun ajaran 2022/2023 semester genap. Partisipasi tenaga pendidik mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 menjadi kunci kelancaran penelitian ini. Pendekatan kualitatif dipilih untuk memperoleh pemahaman mendalam melalui analisis data yang bersifat deskriptif. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, peneliti dan tenaga pendidik merancang strategi pembelajaran discovery learning sesuai dengan kebutuhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning secara signifikan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah. Observasi terhadap proses pembelajaran dan analisis nilai siswa menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dari siklus ke siklus. Penerapan model discovery learning memberikan ruang lebih besar bagi siswa untuk aktif mencari dan menemukan informasi. Hasilnya, pembelajaran menjadi lebih efektif dan sistematis, yang tercermin dari peningkatan presentase ketuntasan siswa.

Kata kunci : Pembelajaran Sejarah, Berpikir Kritis, Discovery Learning, Penelitian Tindakan Kelas.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Annisah Humaira
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2024)
Tanggal disimpan : 04-06-2024 10:59
Terakhir diubah : 19-06-2024 10:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5904
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!