RANCANG BANGUN TURBIN PELTON PLTMH MENGGUNAKAN BAHAN KOMPOSIT FIBERGLASS

Alfianda Gustiadinur (2023), RANCANG BANGUN TURBIN PELTON PLTMH MENGGUNAKAN BAHAN KOMPOSIT FIBERGLASS . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Saat ini kebutuhan akan energi listrik terus meningkat. Pada umumnya energi listrik dihasilkan menggunakan energi fosil seperti batu bara pada pembangkit listrik tenga uap (PLTU). Pada umumnya PLTU atau pembangkit listrik lainnya menyuplai listrik ke daerah yang memiliki populasi padat seperti dikota – kota besar. Untuk daerah terpencil masih jarang ditemukan akan adanya energi listrik yang disebabkan karena jauhnya daerah tersebut dari kota. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan membuat pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH). Pada PLTMH umumnya turbin terbuat dari bahan logam yang memiliki inersia tinggi sehingga menyebabkan rendahnya efisiensi dari PLTMH. Oleh karena itu, pada penelitian ini turbin pada PLTMH diganti dengan menggunakan bahan fiberglass untuk mengetahui ketahanan dari fibergalss terhadap tekanan air yang dioperasikan pada PLTMH. Berdasarkan penelitian yang dilakukan tegangan izin dari fiberglass yang didapat adalah sebesar 11,59801 MPa dengan tekanan air yang diberikan adalah sebesar 0,000985 Mpa.

Kata kunci : Energi listrik, Pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH), Turbin fiberglass, Efisiensi PLTMH, dan Tegangan izin fiberglass.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Alfianda Gustiadinur
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Mesin (2023)
Tanggal disimpan : 30-05-2024 23:43
Terakhir diubah : 05-07-2024 09:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5873
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!