PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT) UNTUK MENENTUKAN KARYAWAN TERBAIK

Wahyu Azmi (2024), PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT) UNTUK MENENTUKAN KARYAWAN TERBAIK. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

CV. King Of Milk Fish merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang hasil laut, produk yang dihasilkan merupakan produk ikan beku yang didistribusikan ke 70% pasar domestik dan 30% internasional yang berada di Desa Raja Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang yang beroperasi sejak tahun 2017. Perusahaan ini memiliki permasalahan yaitu pemilihan karyawan yang dilakukan secara berkala akan tetapi, belum optimal dikarenakan belum adanya standar dan kriteria baku, sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dalam menentukan karyawan terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kriteria dan bobot serta menerapkan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) untuk menghasilkan rekomendasi menentukan karyawan terbaik di perusahaan dengan menghasilkan ranking alternatif. Hasil dari penelitian ini adalah untuk menentukan kriteria, peneliti melakukan wawancara dengan kepala divisi proses produksi sehingga mendapatkan lima kriteria yaitu kemampuan kerja, pengalaman kerja, kemampuan interpersonal, inisiatif, dan tingkat kehadiran. Pembobotan dari setiap kriteria menggunakan metode Rank Order Centroid (ROC) yang memiliki prinsip kriteria pertama lebih penting dari kriteria kedua dan seterusnya. Oleh karena itu, kriteria diurutkan dari kriteria paling penting sampai tidak terlalu penting. Maka hasil dalam penelitian ini menggunakan bobot kriteria tertinggi yaitu kemampuan kerja bernilai 0,456, pengalaman kerja bernilai 0,257, kemampuan interpersonal bernilai 0,157, inisiatif bernilai 0,09 dan bobot terendah yaitu tingkat kehadiran bernilai 0,04 dan menghasilkan rekomendasi menentukan karyawan terbaik di CV. King Of Milk Fish dengan hasil nilai perangkingan tertinggi yaitu Yanti (A13) dengan perolehan nilai sebesar 0,8844, dan nilai terendah yaitu Nanda (A4) dengan perolehan nilai 0.0414.

Kata kunci : Karyawan Terbaik, Multi Attribute Utility Theory (MAUT), Rank Order Centroid (ROC), Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wahyu Azmi
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2024)
Tanggal disimpan : 29-05-2024 10:51
Terakhir diubah : 07-06-2024 10:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5851
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!