STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF KULINER DALAM MENDUKUNG PARIWISATA DI KOTA LANGSA

Dara Balqis (2024), STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF KULINER DALAM MENDUKUNG PARIWISATA DI KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi pengembangan industri kreatif sub sektor kuliner dalam mendukung pariwisata di Kota Langsa, Aceh. Data yang digunakan pada penilitian ini ialah primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi langsung, wawancara dan kuisioner. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari jurnal, skripsi, serta data lainnya berhubungan dengan penelitian dan dapat membantu proses penelitian. Metode analisis yang digunakan ialah analisis SWOT. Hasil penelitian ini merupakan tujuh strategi pengembangan industri kreatif sub sektor yang diurutkan berdasarkan skor tertinggi. (1) Mengadakan event khusus produk indutri kreatif sub sektor kuliner Kota Langsa untuk memperkenalkan dan memasarkan produk dengan ciri khas Kota Langsa, (2) Penyediaan media dan lokasi lokasi yang strategis dari pemerintah secara gratis, (3) Menyelenggarakan pelatihan mengenai media pemasaran, (4) Membangun satu tempat khusus industri kreatif sub sektor kuliner di lokasi wisata Kota Langsa, (5) Adanya pelatihan yang diselenggarakan pemerintah mengenai standart kemasan sehingga layak dipasarkan, (6) Meningkatkan kreatifitas pelaku usaha industri kreatif sub sektor kuliner, (7) Adanya pelatihan khusus secara teratur mengenai tata cara pendaftaran HKI kepada pelaku usaha industri kreatif sub sektor kuliner.

Kata kunci : Industri Kreatif, Kuliner, Pariwisata, Strategi Pengembangan, Kota Langsa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dara Balqis
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 27-05-2024 17:36
Terakhir diubah : 12-06-2024 16:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5842
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!