FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN DELI SERDANG)

Kesuma Puja Lestari (2024), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN DELI SERDANG) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia, standar akuntansi pemerintah dan sistem pengendalian intern pemerintah terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah. Standar akuntansi pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah. Sistem pengendalian intern pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah. Kompetensi sumber daya manusia, standar akuntansi pemerintah dan sistem pengendalian intern pemerintah secara simultan berpengaruh terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Deli Serdang.

Kata kunci : Kompetensi Sumber Daya Manusia, Standar Akuntansi Pemerintah, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Kualitas Informasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Kesuma Puja Lestari
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2024)
Tanggal disimpan : 27-05-2024 11:54
Terakhir diubah : 04-06-2024 14:34
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5825
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!