NILAI KEARIFAN LOKAL TARI DAMPENG DAN FUNGSINYA DALAM PEWARISAN BUDAYA PADA UPACARA PERNIKAHAN SUKU SINGKEL DI KECAMATAN SIMPANG KANAN KABUPATEN ACEH SINGKIL

Fita nadiya santri (2024), NILAI KEARIFAN LOKAL TARI DAMPENG DAN FUNGSINYA DALAM PEWARISAN BUDAYA PADA UPACARA PERNIKAHAN SUKU SINGKEL DI KECAMATAN SIMPANG KANAN KABUPATEN ACEH SINGKIL . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tari Dampeng merupakan tarian yang tumbuh dan berkembang di dalam Suku Singkel tepatnya di Kabupaten Aceh Singkil. Dampeng sendiri merupakan Tradisi yang Sudah ada pada zaman kerajaan pada saat sekarang, masyaraat Suku Singkel memfungsikan tarian dampeng ini sebagai tarian pembuka adat. Dalam Penelitian ini, penulis mengambil empat rumusan masalah yaitu (1). Mengenai Aceh Singkil sebelum dan pasca kemerdekaan, (2). Penggunaan Tari Dampeng pada adat upacara pernikahan suku singkel, (3). Nilai kearifan lokal yang terkandung didalam tari dampeng, (4). Fungsi dan upaya masyarakat desa tanjung mas dalam mewariskan adat dan budaya Suku Singkel Penelitian ini dilakukan dengan sistem wawancara. Tujuan dari penelitian ini yaitu membahas mengenai “Nilai Kearifan Lokal Tari Dampeng Dan Fungsinya Dalam Pewarisan Sejarah Budaya Pada Adat Pernikahan Suku Singkel Di Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil”. Penulis melakukan peneltian dengan penelitian kualitatif dan lebih menekankan kepada Penelitian Field Reserch (Penelitian Lapangan), dengan pendekatan Antropologi. Didalam penulis Skripsi ini, penulis menggunakan dua macam Data Sumber yaitu: a). Data Skunder dan b). Data Primer mengenai Tari Dampeng. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis dapat menyimpulkan hasil skripsi yaitu: (1) tari dampeng biasanya ditarikan pada saat upacara tertentu khususnya dalam adat Upacara pernikahan (2) tari dampeng merupakan suatu tarian pembuka adat (3) adanya Nilai kearifan yang terkandung di dalam Tari dampeng seperti : Nilai agama, nilai estetika, nilai sosial dan nilai moral. (4) adanya upaya masyarakat untuk mewariskan budaya kesenian tari dampeng kepada generasi selanjutnya, kemudian salah satu Upaya yang dilakukan untuk mewariskan adat dan kesenian Tari dampeng ialah melakukan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang biasanya berpusat pada SD, SMP, SMA. Saran dari peneliti, dengan adanya tulisan mengenai budaya ini, semoga pembaca ataupun generasi selanjutnya dapat melestarikan budaya Lokal tidak akan puda seiring berkemangnya zaman.

Kata kunci : Tari dampeng, nilai kearifan lokal, Kabupaten Aceh Singkil

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fita nadiya santri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2024)
Tanggal disimpan : 23-05-2024 11:38
Terakhir diubah : 07-06-2024 10:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5813
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!