PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 LANGSA

Syahrul azri (2024), PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini diawali dengan adanya kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Hasil observasi pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negri 2 LANGSA menunjukan sebagian Siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan mengakibatkan hasil belajar yang diinginkan tidak tercapai sepenuhnya. Hal ini disebabkan salah satunya adalah oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang kreatif, inovatif dan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Siswa tidak di beri kesempatan untuk mengontruksi kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya, sehingga siswa kesulitan untuk menerima materi yang di berikan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang cocok untuk mengatasi masalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Metode yang di gunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian pre- eksperimental desaign dengan desain one group pretest postets terhadap siswa kelas XI SMA Negri 2 Langsa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 26 siswa. Data di kumpulkan melalui tes, observasi, dan scedul penelitian. Model pembelajaran yang di gunakan adalah model project based learning. Melalui penerapan model ini siswa dapat secara aktif mengikuti proses pembelajaran, di karenakan siswa terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Setelah dilakukan analisis data dan di uji menggunakan bantuan aplikasi spss statistic dengan hasil uji independent sample t test dengan kreteria pengambilan keputusan dengan sig-2 tailed 0,05, diketahui nilai signifikasi 0,001 maka 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan adanya perbedaan sebelum di berikan perlakuan dengan setelah di berian perlakuan. 2)Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negri 2 Langsa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat di lihat dari nilai pretest dan postets. Yang dimana hasil nilai rata-rata pretest adalah 44,96 dengan kreteria rendah dan hasil nilai rata-rata postets adalah 74,57 dengan kreteria tinggi. 3.) Setelah menerapkan model project based lerning diketahui bahwasannya dari 6 langkah-langkah penerapan model project based learning telah dilakukan antara lain: menentukan proyek, perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, penyelesian proyek dan monitoring guru, penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek, dan evaluasi proses dan hasil proyek.

Kata kunci : Model Project Based Learning, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Syahrul azri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2024)
Tanggal disimpan : 23-05-2024 11:34
Terakhir diubah : 07-06-2024 10:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5812
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!