ANALISIS KONDISI SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI STUNTING DI KABUPATEN DAIRI (BERFOKUS PADA KECAMATAN SIDIKALANG)

Kadimah Purnama Manik (2024), ANALISIS KONDISI SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI STUNTING DI KABUPATEN DAIRI (BERFOKUS PADA KECAMATAN SIDIKALANG) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kasus stunting di Sumatera Utara sangat memperihatikan, data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) menyebutkan 13 dari 22 kabupaten/kota berstatus merah atau memiliki pravalensi stunting diatas angka 30%, berdasarkan data dari SSGI 2021 Kabupaten Dairi termasuk kedalam berstatus merah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi keluarga yang mempengaruhi stunting di Kecamatan Sidikalang. Populasi ini menggunakan semua jumlah anak stunting di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi 1.744 orang sampel pada penelitian ini berjumlah 93 responden. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan dari hasil kuesioner yang diisi oleh responden maka hasil yang didapatkan yaitu, kondisi sosial seperti, pendidikan orang tua berpengaruh Terhadap kejadian stunting, jumlah anak Berpengaruh terhadap kejadian stunting, usia perkawinan pertama tidak berpengaruh terhadap stunting, usia pertama melahirkan tidak berpengaruh terhadap stunting dan jarak rumah terhadap layanan kesehatan tidak berpengaruh terhadap stunting, kondisi ekonomi seperti, pekerjaan orang tua dan pendapatan orang tua juga berpengaruh terhadap stunting.

Kata kunci : Pendidikan Orang tua, Jumlah Anak, Usia Perkawinan Pertama, Usia Pertama Melahirkan, Jarak Rumah Dengan Layanan Kesehatan, Pekerjaan Orang Tua Dan Pendapatan Orang Tua.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Kadimah Purnama Manik
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 08-05-2024 16:08
Terakhir diubah : 04-06-2024 14:34
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5739
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!