PENGARUH INVESTASI, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DAN JUMLAH ANGKATAN KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI SUMATERA UTARA

Humitcha Manalu (2024), PENGARUH INVESTASI, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DAN JUMLAH ANGKATAN KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI SUMATERA UTARA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Investasi, IPM, dan Jumlah Angkatan Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Sumatera Utara baik secara parsial maupun simultan di tahun 2010-2022. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan lokasi penelitian di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan data sekunder bersifat time series yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data menggunakan metode analilis regresi linier berganda melalui program Eviews 10. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa secara parsial, Investasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Utara, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Utara, dan Jumlah Angkatan Kerja berpengaruh Negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Utara. Sedangkan secara simultan Investasi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan Jumlah Angkatan Kerja berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Utara.

Kata kunci : Investasi, IPM, Jumlah Angkatan Kerja, Pertumbuhan Ekonomi.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Humitcha Manalu
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 08-05-2024 10:15
Terakhir diubah : 29-05-2024 15:25
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5732
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!