EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ED-LINK DI SMP NEGERI 1 LANGSA

Linus Alfonsus Silalahi (2024), EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ED-LINK DI SMP NEGERI 1 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eketivitas Media Pembelajaran melalui aplikasi ED-Link pada materi Permainan Bola Basket. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen Murni.Penelitian dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purpose sampling dengan sampel pada kelas kontrol sebanyak 30 siswa dan pada kelas eksperimen 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes soal pilihan berganda. Teknik analisis data mengunakan uji N-gain, dan Uji statistic independent T Test untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan Eketivitas Media Pembelajaran melalui aplikasi ED-Link terhadap Pembelajaran siswa, terjadi peningkatan dengan hasil rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,827 kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,603 kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis didapat bahwa Ha terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada efektivitas Media Pembelajaran melalui aplikasi ED-link dibandingkan dengan yang tidak menggunakan aplikasi ED-Link Maka dapat disimpulkan bahwasanya Eketivitas Media Pembelajaran melalui aplikasi ED-link memberikan hasil yang signifikan terhadap Pembelajaran siswa.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Efektivitas,ED-link

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Linus Alfonsus Silalahi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2024)
Tanggal disimpan : 30-04-2024 17:52
Terakhir diubah : 04-06-2024 14:30
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5707
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!