PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA SEJARAH (UTARA) PADA MATERI ASAL USUL PERSEBARAN NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA KELAS X DI SMK NEGERI 1 LANGSA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Nurramadhan Saputri (2024), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA SEJARAH (UTARA) PADA MATERI ASAL USUL PERSEBARAN NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA KELAS X DI SMK NEGERI 1 LANGSA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan keaktifan belajar siswa yang kurang maksimal pada muatan pelajaran sejarah, hal ini dikarenakan kurang terlibanya peserta didik dalam menggunakan inovasi dan media pembelajaran dikelas, tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keaktifan belajar sejarah menggunakan Media Pembelajaran Ular Tangga Sejarah (Utara), untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Ular Tangga Sejarah, dan efektivitas pembelajaran siswa dengan menggunakan media Ular Tangga Sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini ialah siswa Kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Langsa yang berjumlah 26 siswa. Kuesioner digunakan untuk prosedur pengumpulan data. Hasil penelitian dari validasi menunjukan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran permainan Ular Tangga Sejarah ”Layak”, yang mana telah dilakukan penilaian menurut ahli materi dan ahli media, dan hasil dari  ahli materi dengan skor sebesar 84,52% dengan kategori “Layak”, skor ahli media sebesar 87,5% dengan kategori “Layak”. Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Sejarah meningkatkan keaktifan belajar dengan rata-rata skor per anak dari 76% menjadi 85%. keaktifan pembelajaran sejarah meningkat sebesar 9%. Pada hasil uji t sampel berpasangan diperoleh korelasi sebesar 0,000 yang mana menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Sejarah.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga Sejarah, Keefektifan Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurramadhan Saputri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2024)
Tanggal disimpan : 30-04-2024 11:42
Terakhir diubah : 11-06-2024 09:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5700
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!