SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN DOSEN PADA TRI DHARMA MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING  (STUDI KASUS : PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNIVERSITAS SAMUDRA)

DEUCI RAMADHANI (2024), SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN DOSEN PADA TRI DHARMA MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING  (STUDI KASUS : PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNIVERSITAS SAMUDRA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

 Dosen adalah pendidik professional dengan tugas utama yaitu mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui tri dharma dari perguruan tinggi, kinerja seorang dosen adalah bentuk nyata yang ditunjukkan dosen sebagai suatu prestasi kerja yang dicapai oleh dosen tersebut. Dalam proses penilaian dosen pada tri dharma membutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan (SPK) yang membantu dalam pengolahan data. Data yang diambil yaitu berbentuk kriteria dan sub kriteria yang dapat diimplementasikan menggunakan metode profile matching. Metode profile matching yaitu membandingkan antara nilai alternatif dosen dengan nilai target yang telah ditetapkan sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya yang disebut GAP. Semakin kecil GAP yang dihasilkan maka semakin besar nilainya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses penilaian dosen pada tri dharma dengan menggunakan metode profile matching. Penentuan hasil akhir dalam perhitungan rangking menggunakan metode profile matching dengan bobot nilai masing-masing kriterianya.  Kriteria pendidikan 30%, kriteria penelitian 30%, kriteria pengabdian kepada masyarakat 20% dan kriteria penunjang 20%. Hasil dari penelitian ini yaitu mendapatkan hasil perangkingan dengan nilai tertinggi 3,070 yang dinilai dari empat aspek kriteria tersebut.


 


 


 


 

Kata kunci : Dosen, SPK,  profile matching

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : DEUCI RAMADHANI
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2024)
Tanggal disimpan : 26-04-2024 15:20
Terakhir diubah : 17-05-2024 09:42
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5675
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!