PENENTUAN SEPATU 3 DIMENSI BERDASARKAN MINAT PENGGUNA BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS BASED TRACKING

Fuji Dwi Lestari (2024), PENENTUAN SEPATU 3 DIMENSI BERDASARKAN MINAT PENGGUNA BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS BASED TRACKING. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Sepatu merupakan salah satu barang penunjang kehidupan, karena kaki menopang seluruh tubuh ketika berjalan dan sepatu merupakan fashion item yang mempengaruhi penampilan baik dikalangan remaja maupun dewasa. Pengguna belanja online sepatu dengan smartphone yang hanya melihat gambar atau image 2D sepatu yang digunakan seseorang pada pose tertentu dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Oleh karena itu dibentuk sistem yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk menampilkan objek sepatu 3D Bberdasarkan minat dengan melihat sepatu secara nyata dan detaildan menemukan model sepatu yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Markerless Based Tracking yaitu sistem pelacakan objek di dunia nyata tanpa marker dengan menggunakan penanda titik-titik fitur alami yang dapat dideteksi di surface. Hasil penelitian yang telah diperoleh dengan menguji jarak kamera pada surface mulai dari 30 cm- 150 cm tingkat akurasi keberhasilan adalah 85%, 1 data yang tidak berhasil adalah pada jarak 30 cm. Pengujian terhadap 14 model sepatu berdasarkan minat dari 15 orang pengguna memiliki faktor skala dan nilai titik koordinat x,y dan z yang berbeda. Dan hasil pengujian intensitas cahaya menggunakan alat lux meter, didalam ruangan dan diluar ruangan mendapatkan akurasi 100%.

Kata kunci : Augmented Reality , Sepatu , Markerless Based Tracking , Surface

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fuji Dwi Lestari
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2024)
Tanggal disimpan : 17-04-2024 18:57
Terakhir diubah : 29-05-2024 15:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5650
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!