PENGARUH INOVASI PRODUK, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SMARTPHONE OPPO DI ACEH TIMUR

Rizky Triani (2024), PENGARUH INOVASI PRODUK, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SMARTPHONE OPPO DI ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, promosi dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan Smartphone Oppo di Aceh Timur. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-Probability Sampling dengan menggunakan metode Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dengan mempertimbangkan kriteria tertentu, sampel yaitu sebanyak 96 responden. Metode analisis data yang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu persamaan regresi linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (Adjusted R2). Berdasarkan hasil penelitian di peroleh persamaan regresi Y = 2,306 + 0,207X1 + 0,282X2 + 0,210X3, artinya konstanta sebesar 2,306 menunjukkan hasil dari nilai loyalitas pelanggan sebelum dipengaruhi oleh variabel inovasi produk, promosi dan kualitas produk. Hasil uji t diketahui inovasi produk dengan nilai tsig.sebesar 0,006 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, promosi dengan nilai tsig. sebesar 0,011 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kualitas produk dengan nilai tsig. sebesar 0,022 < 0,05 berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji F diketahui nilai Fsig. sebesar 0,000 < 0,05 artinya inovasi produk, promosi dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Smartphone Oppo di Aceh Timur. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R2) menunjukkan kontribusi variabel inovasi produk, promosi dan kualitas produk mempengaruhi loyalitas pelanggan Smartphone Oppo di Aceh Timursebesar 0,676 atau sama dengan 67,6%, sementara sisanya 0,324 atau 32,4% dipengaruhi oleh variabel lain seperti kepuasan pelanggan dan citra merek.

Kata kunci : Inovasi Produk, Promosi, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rizky Triani
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2024)
Tanggal disimpan : 27-03-2024 10:32
Terakhir diubah : 05-04-2024 09:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5605
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!