ANALISIS EFEKTIFITAS MESIN EXTRUDER MAXTREE SEBAGAI DASAR MAINTENANCE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MESIN (STUDI KASUS : PT BUNUT RUBBER FACTORY KECAMATAN KISARAN BARAT)

Dimas Apriansyah (2024), ANALISIS EFEKTIFITAS MESIN EXTRUDER MAXTREE SEBAGAI DASAR MAINTENANCE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MESIN (STUDI KASUS : PT BUNUT RUBBER FACTORY KECAMATAN KISARAN BARAT) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Bunut Rubber Factory merupakan perusahaan bagian dari PT. BSP yang mengolah karet. Dalam menjalankan produksinya, PT. Bunut Rubber Factory menggunakan sejumlah mesin utama yaitu mesin extruder maxtree dan lain-lain. Bersumber pada informasi yang diperoleh perusahaan ini telah menjalankan sistem preventive maintenance, namun pada kenyataannya masih adanya mesin yang mengalami kerusakan saat produksi. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi efektifitas mesin di PT Bunut Rubber Factory dan mengukur efektifitas kinerja mesin di PT Bunut Rubber Factory. Metode yang digunakan Overall Equipment Effectifeness merupakan suatu pengukuran efektifitas pemakaian suatu mesin/peralatan dan Failure Mode and Effect Analysis digunakan untuk mengidentifikasi mode kegagalan. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa nilai yang dihasilkan dari nilai Overall Equipment Effectifeness (OEE) dengan persentase 45,65% sedangkan standar yang diberikan oleh PT Bunut Rubber Factory adalah 100%, Dari hasil pengurutan persentase faktor yang mempengaruhi efektifitas mesin extruder maxtree adalah persentase reduced speed losses sebesar 6.282.738,10. Hasil pengurutan kumulatif nampak lebih jelas bahwa komponen atau mode kegagalan yang mendapatkan kumulatif yang tinggi adalah block bearing dibandingkan komponen - komponen yang lain. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil pengolahan data faktor tertinggi yang mempengaruhi efektifitas mesin extruder maxtree adalah reduced speed losses. Kinerja mesin extruder maxtree di PT Bunut Rubber Factory kurang baik dikarenakan nilai efektifitas yang dihitung dari nilai OEE dibawah standar yang telah ditentukan oleh PT Bunut Rubber Factory.

Kata kunci : Failure Mode And Effect Analysis (FMEA), Overall Equipment Effectiveness (OEE), Six Big Losses

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dimas Apriansyah
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2024)
Tanggal disimpan : 22-03-2024 15:17
Terakhir diubah : 29-05-2024 15:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5584
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!