KEMAMPUAN MOTOR EDUCABILITY MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI DI UNIVERSITAS SAMUDRA

Rizqullah Ramadhan (2022), KEMAMPUAN MOTOR EDUCABILITY MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI DI UNIVERSITAS SAMUDRA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Motor educability mahasiswa harus benar-benar dijaga karena sangat berpengaruh besar terhadap pengembangan keterampilan, intelektual dan kemampuan berpikirnya, sebab mahasiswa yang kondisi motor educabilitinya rendah sesuai hasil penelitian akan terbatas sekali kemampuan geraknya. Kondisi motor educability para mahasiswa yang kurang menunjang pada semua jenjang pendidikan di Indonesia disebabkan oleh sedikitnya jumlah alokasi waktu yang disediakan untuk pengajaran bidang kesegaran jasmani. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kemampuan Motor Educability Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Samudra. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Samudra yang berjumlah 55 orang dengan perincian 36 orang laki- laki dan 19 orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Data Penelitian Deskriptif. Hasil tes Iowa-Brace Test for Motor Educability mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Samudra: 1) kategori sangat sangat tinggi sebanyak 7 mahasiswa dengan presentase 12,7%. 2) kategori tinggi sebanyak 11 mahasiswa dengan presentase 20. 3) kategori sedang sebanyak 25 siswa dengan presentase 45,4%. 4) kategori rendah sebanyak 11 siswa dengan presentase 20%. 5) kategori sangat rendah sebanyak 1 siswa dengan presentase 1,9%.

Kata kunci : Motor Educability

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rizqullah Ramadhan
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2022)
Tanggal disimpan : 14-03-2024 11:03
Terakhir diubah : 19-06-2024 10:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5540
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!